Ganti menteri ganti kurikulum begitu kira-kira adagium yang melekat dalam benak masyarakat ketika dihadapkan dengan pergantian menteri, khususnya menteri pendidikan. Kurang lebih sudah lima bulan Anies Baswedan lengser dari jabatannya (27 Juli 2016) sebagai Mendikbud yang kemudian digantikan dengan Muhajir Effendy, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur. Bukan tanpa alasan jika mendikbud baru menggagas sistem FDS. Menurutnya, penerapan sistem FDS diharapkan bisa membangun karakter siswa dengan memberikan program tambahan di sekolah. Ketika orangtua sibuk dengan pekerjaanya, alangkah baiknya anak berada di sekolah dibawah bimbingan guru, dari pada sendiri di rumah sangat riskan bagi pertumbuhan sikap dan perilaku anak. Anak tanpa pengawasan orangtua cenderung liar dan mudah berperilaku negatif. Begitu kira-kira pandanganMuhajir Efendy dengan FDS-nya...
PETUNJUK TEKNIS LOMBA OLIMPIADE TIK
KABUPATEN GRESIK TAHUN 2015
A. LATAR BELAKANG
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan gabungan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menghasilkan informasi bagi para penggunanya. Perangkat keras yang diperlukan meliputi perangkat komputer ,perangkat komunikasi, perangkat presentasi, dan berbagai alat bantu atau media yang biasa memudahkan penyampaian informasi. Perangkat lunak juga merupakan kumpulan berbagai program yang memungkinkan semua perangkat saling bekerja-sama untuk menghasilkan informasi. Informasi yang dihasilkan oleh TIK dapat berupa informasi positif maupun negatif. Dalam penerapan teknologi menurut ajaran agama manapun harus disertai dengan iman dan dapat menjaga eksistensi agama dari rongrongan dan gangguan pihak lain. Dan kita semua harus bisa untuk menanggulangi dampak negatif yang timbul dari teknologi itu sendiri. Salah satu upaya penanggulangan dampak negatif yaitu melalui Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan TIK dalam media Pembelajaran, merupakan tuntutan jaman yang telah tertuang dalam UU Nomor 14 tahun 2005 ttg Guru & Dosen. Pasal 14 ttg Hak & Kewajiban : (1) Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak: d. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi; e.memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan; j.memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi; dan/atau k. memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.
B. DASAR
Renja Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik tahun 2015; DPA-SKPD Dinas Pendidikan, Kegiatan : Pengembangan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan berbasis Teknologi Informasi ;
1.01.1.01.01.20.16. Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor : 893.3/6486/103.08/2015 tanggal 16 Oktober 2015 tentang Penyelenggaraan Lomba Olimpiade TIK.
C. TUJUAN.
- Meningkatkan kemampuan guru dan Siswa dalam mengelola media pembalajaran berbasis TIK.
- Mempersiapkan Kontingen Kabupaten Gresik mengikuti Lomba Olimpiade TIK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2015.
NO | JENIS LOMBA | KLASIFIKASI | PESERTA |
A | MANUAL | | |
1 | Lomba Menggambar MS.Paint SD | Siswa | 1 Org |
2 | Lomba Game Edukasi Siswa SD, SMP, SMA | Siswa | 3 Org |
3 | Lomba Editing Vidio SMK | Siswa | 1 Org |
4 | Lomba Design Poster SMA/K | Siswa | 1 Org |
5 | Lomba Penyiar Radio SMA/K | Siswa | 1 Org |
6 | Lomba WEB/Blog Guru SD, SMP, SMA | Guru | 3 Org |
B | ONLINE | | |
7 | Lomba Penulisan Esai Siswa SMA/K | Siswa | 1 Org |
8 | Lomba Pembuatan Vidio Pembelajaran Guru SD,SMP,SMA | Guru | 3 Org |
Comments
Post a Comment