Skip to main content

Al Umm Madrosatul Ulaa

                    Ganti menteri ganti kurikulum” begitu kira-kira adagium yang melekat dalam benak masyarakat ketika dihadapkan dengan pergantian menteri, khususnya menteri pendidikan. Kurang lebih sudah lima bulan Anies Baswedan lengser dari jabatannya (27 Juli 2016) sebagai Mendikbud yang kemudian digantikan dengan Muhajir Effendy, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.  Bukan tanpa alasan jika mendikbud baru menggagas sistem FDS. Menurutnya, penerapan sistem FDS diharapkan bisa membangun karakter siswa dengan memberikan program tambahan di sekolah. Ketika orangtua sibuk dengan pekerjaanya, alangkah baiknya anak berada di sekolah dibawah bimbingan guru, dari pada sendiri di rumah sangat riskan bagi pertumbuhan sikap dan perilaku anak. Anak tanpa pengawasan orangtua cenderung liar dan mudah berperilaku negatif. Begitu kira-kira pandanganMuhajir Efendy dengan FDS-nya...

GURU PROFESIONAL



Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Tetapi tampaknya pendapat ini harus jauh-jauh ditinggalkan,

read more

 karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Kini mengajar harus kita maknai sebagai sebuah kegiatan yang komplek, yaitu penggunaan secara integratif sejumlah keterampilan untuk menyampaikan ilmu. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud di sini harus dilandasi dengan seperangkat teori dan diarahkan oleh suatu pengetahuan/wawasan. Sedangkan penearapannya akan menjadi unik bila dipengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar. Komponen yang dimaksud adalah tujuan yang hendak digapai, ilmu yang ingin disampaikan, seubjek didik, fasilitas dan lingkungan belajar, dan yang tidak kalah penting adalah keterampilan, kebiasaan dan wawasan guru tentang dunia pendidikan dan misinya sebagai pendidik.
        Jika mengajar dipahami sebagai kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa, maka mengajar itu sendiri hanya akan terbatas pada penyampaian ilmu itu saja. Guru di pihak pertama menyampaiakan ilmu dan siswa di pihak kedua akan menerima secara pasif. Prosesnya pun bisa diketahui, pembelajaran akan berjalan secara membosankan. Karena yang mendominasi pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa hanya sebagai penerima.
        Namun, apabila mengajar dimaknai sebagai segala upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan proses belajara pada siswa dan mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka jelas bahwa yang menjadi sasaran akhir dari proses pengajaran itu ialah siswa belajar. Artinya dalam hal ini segala upaya apapun dapat dilakukan selagi bisa dipertanggungjawabkan, dan bisa menghantarkan siswa menuju pencapaian tujuan belajar yang telah dicanangkan, artinya siswa belajar secara aktif, dan yang mendominasi dikelas adalah siswa.
       Kesimpulannya, hakekat menjajar itu merupakan usaha guru menciptakan dan mendesain proses belajar pada siswa. Jadi yang terpenting dalam belajar mengajar itu bukanlah bahan yang disampaikan oleh guru, akan tetapi proses siswa dalam mempelajari bahan tersebut (guru lebih menghargai proses dari pada hasil). Sekali lagi peranan yang menonjol dalam belajar mengajar ada pada siswa, ini bukan berarti bahwa peranan guru tersisihkan, hanya diubah saja.
Jadi, guru yang profesional adalah guru yang dapat melakukan tugas mengajarnya dengan baik melalui keterampilan-keterampilan khusus agar tercipta sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan meyenangkan.

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA I

PROFIL SEKOLAH MI NURUL HUDA I KEPATIHAN I. Kondisi Obyekktif Madrasah         a. Identitas Madrasah 1. Nama Madrasah                               : MI “NURUL HUDA I” 2. Alamat                                              : Jl. Raya Kepatihan No. 75        Desa                                              : Kepatihan        Kecamatan      ...

ALAMAT MADRASAH IBTIDAIYAH SE GRESIK

1     MIN KEDAMEAN JL. RAYA KEDAMEAN NO. 52 2     MIN KEDUNGSEKAR JL. BALAI DESA 01 KEDUNGSEKAR TELP. 031 - 7921292 1     MI ASSYAFI'IYAH JL. PELITA III. NO.58 RANDUBOTO SIDAYU 2     MI AL ASLAMIYAH JL. DESA BULANGKULON 3     MI AL ASYHAR JL. RAYA NO. 33 SUNGONLEGOWO 4     MI AL AZHAR PETISBENEM 5     MI AL FALAH JL. SIDO AKOR RT 09 RW III NO 32 6     MI AL FALAHIYAH PEGUNDAN 7     MI AL FATAH SUKOREJO 8     MI AL FATTAH 1 BANYUURIP 9     MI AL FATTAH 2 JL.PENDIDIKAN NO 23 BANYUURIP 10   MI AL FIRDAUS LASEM 11   MI AL FURQON JL. KH A FADLIL NO. 9 SROWO SIDAYU 12   MI AL HASANIYAH DUSUN LARANGAN DESA DALEGAN 13   MI AL HIDAYAH JL. KH. HASYIM ASY'ARI NO. 54 KEMANGI 14   MI AL HIDAYAH DESA SERAH 15   MI AL HIDAYAH ...

JUARA 2 TRYOUT DI SMP SUNAN AMPEL DRANCANG MBANDUT MENGANTI GRESIK (20 MARET 2016)